Rabu, 18 Juli 2018

Kata Bijak Bahasa Madura dan Artinya


Mengenal banyak bahasa daerah tentu membuat kita makin pede berkawan dengan siapa saja, terutama jika kita bisa dan mampu bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa daerah dari teman atau sahabat kita, rasanya akan lebih memperakrab suasana persahabatan. Begitu pula dengan bahasa daerah atau tradisional Madura, karena cukup banyak orang yang berbahasa Madura mungkin akan membuat kita semakin ingin bisa berbahasa Madura dengan baik, atau minimal, ketika ada orang yang berkata / berbincang dengan bahasa Madura kita akan tahu maksud pembicaraannya kemana. 




Nah untuk mengenalkan bahasa Madura, pada post kali ini kami akan memberikan anda tentang Kata Bijak Bahasa Madura dan Artinya, walau mungkin tak harus fasih berbahasa Madura, namun setidaknya kita pernah tahu dan membaca beberapa kata bijak dari bahasa Madura atau kata mutiara orang madura.

Kata bijak merupakan kalimat-kalimat yang berisi pesan moral kebaikan yang akan memberikan kita inspirasi dalam bersikap kepada siapa saja, didalamnya terdapat kata mutiara kehidupan yang bisa kita jadikan suri tauladan tentang kebaikan.
Yuk mari kita simak bersama.

1. Regghei abe'en dhibik (Hargai Diri Sendiri)

Sengkok kodhu andik arteh gebhei engkok kadek sebeluna engkok deddi oreng se andik reggeh ka orang laen

Kita harus berarti untuk diri kita sendiri dulu sebelum kita menjadi orang yang berharga bagi orang lain. 


2. Mukkak ateh (Membuka Diri)

Tembok se ebangung e sekitar engok sopajeh jeuh deri keseddien, bisa majeuh kiah deri kabunga'an.

Tembok yang kita bangun di sekeliling kita agar terhindar dari kesedihan, juga menjauhkan kita dari kebahagiaan.


3.  Tengateh mile se paling otamah (Hati Hati Memilih Prioritas)

Jek sampek mile oreng sopajeh deddi se paling otama kangguy be'en, saat oreng oreng jieh perak madeddi be'en deddi cadangan.

Jangan pernah memilih seseorang menjadi prioritasmu ketika bagi mereka kamu hanyalah pilihan cadangan. 

4. (Alasan mile) Alasan Memilih

Engkok niser ka be'na, benni perak polanah sapa be'nah, Tapeh polanah deddih apa sengkok mun bik be'nah.

Aku mencintaimu, bukan hanya karena siapa kamu. Tapi juga karena menjadi apa diriku saat bersamamu.


5. Hakekat delem hubungan (Hakikat Suatu Hubungan)

Neser (cinta) ariah saat kebungaanah oreng laen lebih otamah (penting) ebendhing kebunga'anah be'en dibik.


Cinta adalah ketika kebahagiaan orang lain lebih penting dari kebahagiaanmu.



6. “Oreng se koat atenah, benni oreng se tak perna nangis.
Tapeh oreng se paggun koat walau bennyak oreng se nyake’en”
(Orang yang kuat hatinya, Bukan mereka yang tak pernah menangis, Melainkan ia yang tetap tegar ketika banyak orang menyakitinya.)


7. “Engak apa’ah beih rajenah masalah se be’en adebbih satiyah, namung parcajeh bahwa kabbi jiyeh tak kerah ngelebbi’ih bêtes kamampo’nah be’en”
(Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, Percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuanmu.)


8. “Reggheih oreng se bejik ka be’en. Karna saongghuna oreng jiyeh oreng senneng ka be’en se la matade’ bektonah coman untuk nyare salanah be’en.”
(Hargai orang yang membecimu, Karena ia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk mencari setiap kesalahanmu.)


9. “Mun be’en jed onggu neser ka oreng jieh, maka be’en meste bisa aberrik maaf. Mun oreng jieh gik neser ka be’en. Maka oreng jieh bekal aobe deddi oreng se lebbi begus ka be’en.”
(Jika kamu mencintainya, kamu akan selalu sanggup memaafkannya. Jika ia mencintaimu, ia akan berubah menjadi lebih baik untukmu.)


10. Coman karna bede oreng se perna nyake’en be’en, benni artenah oreng se laen bekal nyake’en be’en kiyah. Sabben oreng andi’ kasempatan ben pelajerennah maseng-maseng.”
(Hanya karena ia menyakitimu, bukan berarti orang lain juga akan menyakitimu. Setiap orang memiliki kesempatan & pelajarannya masing-masing.)


11. “Tak osa putus asa, saat gagal nabeng cinta, karna kadengkalanah, cinta (rassa neser) se bekal deteng dibik, tanpa ngira-ngira.”

(Tak perlu berputus asa ketika gagal mengejar cinta. Terkadang, cinta akan datang dengan sendirinya, tanpa bisa diduga.).



Nah sobat, itulah tadi beberapa kata bijak pilihan tentang Kata Bijak Bahasa Madura dan Artinya, semoga bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari kata bijak dalam bahasa Madura dan artinya, semoga isi atau pesan yang ada didalamnya memberikan arti tersendiri bagi pribadi kita semua.

Artikel menarik lainnya:


Video Kata bijak bahasa madura & artinya



Semoga dengan membaca kalimat atau kata-kata bijak dalam berbagai bahasan, akan menambah khasanah, wawasan kita mengenai ragam bahasa daerah di Indonesia dan memberikan pengetahuan baru bagi kita semua.

Dan jika artikel ini dirasa bermanfaat, mohon untuk share / bagikan via akun media social anda, terima kasih.

Artikel Terkait

Kata Bijak Bahasa Madura dan Artinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email